my sons

Senin, 12 September 2011

Contoh Agenda Mengajar

AGENDA MENGAJAR
Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           : VII (tujuh) / Ganjil
Tahun Pelajaran          :

No
Materi Pembelajaran
No RPP
Hari, Tanggal, Kelas
VII A
VII B
VII C
1
Merespon makna percakapan yang berisi ungkapan menyapa orang yang sudah dan belum dikenal. (mendengarkan)
01



2
Melakukan percakapan menyapa orang yang sudah dan belum dikenal. (berbicara)




3
Merespon makna percakapan yang berisi ungkapan memperkenalkan diri sendiri dan orang lain. (mendengarkan)




4
Memperkenalkan diri sendiri dan orang lain/teman sekolah. (berbicara)




5
Merespon makna percakapan yang berisi ungkapan perintah dan larangan.(mendengarkan)




6
Melakukan percakapan memerintah dan melarang. (berbicara)




7
Merespon makna nama-nama benda/barang yang terdapat di sekolah dan di rumah. (membaca)




8
Menyebutkan nama-nama benda/barang yang terdapat di sekolah dan di rumah. (berbicara)




9
Merespon makna teks fungsional berupa shopping list (daftar belanjaan). (membaca)




10
Menulis teks daftar belanjaan (shopping list) kebutuhan sehari-hari di rumah. (menulis)




11
Merespon makna percakapan yang berisi ungkapan meminta dan memberi informasi. (mendengarkan)




12
Melakukan percakapan meminta dan memberi informasi. (berbicara)




13
Mersepon makna tentang waktu, tanggal, hari, bulan dan tahun. (membaca)




14
Membaca nyaring berkaitan dengan waktu, tanggal, hari, bulan dan tahun dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang tepat.(membaca)




15
Merespon makna dan ciri-ciri teks fungsional pendek pengumuman. (membaca)




16
Menulis teks pengumuman secara sederhana tentang rapat OSIS. (menulis)




17
Mengungkapkan teks pengumuman (mengumumkan) yang berisi informasi tentang Rapat OSIS. (berbicara)




18
Merspon makna percakapan yang berisi ungkapan terima kasih. (mendengarkan)




19
Melakukan percakapan yang berisi ungkapan terima kasih. (berbicara)




20
Merespon makna percakapan yang berisi ungkapan meminta maaf. (mendengarkan)




21
Menulis kalimat yang berisi ungkapan meminta maaf. (menulis)




22
Merespon makna percakapan yang berisi ungkapan kesantunan. (mendengarkan)




23
Melakukan percakapan yang berisi ungkapan kesantunan. (berbicara)




24
Merespon makna teks fungsional dalam bentuk kartu ucapan selamat. (membaca)




25
Menulis teks fungsional kartu ucapan selamat kepada teman yang meraih juara ke-1 dalam lomba membaca puisi. (menulis)





Ulangan Harian 1





Ulangan Harian 2





Ulangan Harian 3



























AGENDA MENGAJAR
Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           : VIII (delapan) / Ganjil
Tahun Pelajaran          :

No
Materi Pembelajaran
No RPP
Hari, Tanggal, Kelas
VIII A
VIII B
VIII C
1
Merespon makna percakapan yang berisi ungkapan meminta, memberi dan menolak jasa. (mendengarkan)




2
Melakukan percakapan  yang berisi ungkapan meminta, memberi dan menolak jasa. (berbicara)




3
Merespon makna percakapan yang berisi ungkapan meminta, memberi,dan menolak barang. (mendengarkan)




4
Melakukan percakapan yang berisi ungkapan meminta, memberi,dan menolak barang. (berbicara)




5
Mespon makna yang terdapat dalam teks fungsional  berbentuk pesan singkat. (mendengarkan)




6
Menulis teks fungsional dalam bentuk pesan singkat. (menulis)




7
Membaca nyaring teks fungsional  berbentuk pesan singkat. (membaca)




8
Merespon makna percakapan yang berisi ungkapan mengakui dan mengingkari fakta. (mendengarkan)




9
Bertanya jawab tentang mengakui dan mengingkari fakta. (berbicara)




10
Merespon makna percakapan yang berisi ungkapan meminta dan memberi pendapat. (mendengarkan)




11
Bertanya jawab tentang meminta dan memberi pendapat. (berbicara)




12
Merespon makna yang terdapat dalam teks fungsional berebentuk undangan. (mendengarkan)




13
Menulis teks fungsional dalam bentuk undangan. (menulis)




14
Membaca nyaring  teks fungsional berebentuk undangan. (membaca)




15
Merespon makna percakapan yang berisi ungkapan menyetujui dan tidak menyetujui. (mendengarkan)




16
Bertanya jawab tentang menyetujui dan tidak menyetujui. (berbicara)




17
Merespon makna dan langkah retorika  monolog pendek berbentuk descriptive. (membaca)




18
Menulis monolog pendek berbentuk deskriptif. (menulis)




19
Merespon makna percakapan yang berisi ungkapan memuji. (mendengarkan)




20
Bertanya jawab tentang memuji. (berbicara)




21
Merespon makna percakapan yang berisi ungkapan memberi selamat. (mendengarkan)




22
Bertanya jawab tentang memberi selamat. (berbicara)




23
Merespon makna dan langkah retorika  monolog pendek berbentuk recound. (membaca)




24
Menulis monolog pendek berbentuk recound. (menulis)





Ulangan Harian 1





Ulangan Harian 2





Ulangan Harian 3































AGENDA MENGAJAR
Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           : IX (sembilan) / Ganjil
Tahun Pelajaran          :

No
Materi Pembelajaran
No RPP
Hari, Tanggal, Kelas
IX A
IX B
IX C
1
Merespon makna percakapan yang berisi ungkapan meminta dan memberi kepastian. (mendengarkan)




2
Melakukan percakapan yang berisi ungkapan meminta dan member kepastian. (berbicara)




3
Merespon makna percakapan yang berisi ungkapan mengungkapan dan menanggapi keraguan. (mendengarkan)




4
Melakukan percakapan yang berisi ungkapan mengungkapkan dan menanggapi keraguan. (berbicara)




5
Merespon makna teks fungsional pendek berbentuk surat pribadi. (mendengarkan)




6
Menulis teks fungsional sederhana berbentuk surat pribadi. (menulis)




7
Merespon makan percakapan yang berisi ungkapan meminta pengulangan. (mendengarkan)




8
Beratanya jawab tentang  meminta pengulangan. (berbicara)




9
Merespon makan percakapan yang berisi ungkapan menunjukkan perhatian. (mendengarkan)




10
Bertanya jawab tentang menunjukkan perhatian. (berbicara)




11
Merespon makna percakapan yang berisi ungkapan menyatakan kekaguman. (mendengarkan)




12
Bertanya jawab tentang menyatakan keraguan. (berbicara)




13
Merespon makna dan langkah retorika monolog pendek berbentuk prosedur. (membaca)




14
Menulis essai pendek berbentuk prosedur. (menulis)




15
Mengungkapakan makna teks fungsional berbentuk brosur. (berbicara)




16
Menulis teks fungsional sederhana berbentuk brosur. (menulis)




17
Merespon makna monolog pendek berbentuk report. (mendengarkan)




18
Menulis esai pendek berbentuk report. (menulis)





Ulangan Harian 1





Ulangan Harian 2





Ulangan Harian 3

















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

No. RPP                       : 01
Sekolah                        : SMP Negeri 3 Cikalongkulon
Kelas/Semester           : VII (tujuh) / 1
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit

STANDAR KOMPETENSI
1.    Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

KOMPETENSI DASAR
1.1    Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal  (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk  berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang.

INDIKATOR
a.        Mengucapkan kalimat ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal.
b.        Merespon makna dalam percakapan yang berisi ungkapan menyapa orang yang belum dikenal.
c.         Merespon makna dalam percakapan yang berisi ungkapan menyapa orang yang sudah dikenal.

A.     Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati teks percakapan dan mendengarkan teks percakapan yang berisi ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal, siswa mampu :
1.      Mengucapkan kalimat-kalimat ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal dengan lafal dan intonasi yang tepat.
2.      Merespon makna dalam percakapan yang berisi ungkapan menyapa orang yang belum dikenal dengan tepat.
3.      Merespon makna dalam percakapan yang berisi ungkapan menyapa orang yang sudah dikenal dengan tepat.

B.      Materi Pembelajaran
Kalimat-kalimat ungkapan menyapa orang yang belum/sedah dikenal.
Greetings                                                        Responses
Hi.                                                                    Hi.
Hello.                                                               Hello.
Good morning.                                                Good morning.
Good afternoon.                                              Good afternoon.
Good evening.                                                 Good evening.
Good night.                                                     Good night.
How are you?                                                  Fine, thanks

C.      Metode Pembelajaran
Metode  Penugasan

D.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
a.      Pengkondisian kelas
b.      Informasi materi dan tujuan pembelajaran
2.      Kegiatan Inti
a.      Siswa mendengarkan percakapan yang berisi ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal, sambil memperhatikan/mengamati teks percakapan yang diperdengarkan.
b.      Siswa dan guru membahas percakapan yang telah diperdengarkan.
c.       Siswa menemukan kalimat-kalimat yang termasuk ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal, dengan cara menggaris bawahi kalimat-kalimat tersebut di dalam teks percakapan.
d.      Siswa secara bergantian mengucap ulang kalimat ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal sesuai dengan hasil temuannya dengan intonasi dan lafal yang tepat.
e.      Siswa merespon secara lisan ungkapan menyapa orang yang sudah dikenal dengan tepat.
f.        Siswa melengkapi percakapan rumpang dengan ungkapan menyapa orang yang sudah dikenal dengan tepat.
3.      Kegiatan Akhir
a.      Siswa dan guru mengadakan refleksi.
b.      Guru menyimpulkan materi dan memberikan motivasi kepada siswa untuk melatih mengucapkan kalimat-kalimat ungkapan menyapaorang yang belum/sudah dikenal di rumah masing-masing.

E.      Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Buku teks Bahasa Inggris “Scaffolding English for Junior High School Students”
2.      Teks Percakapan
3.      Alat peraga : Rekaman percakapan ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal.

F.       Penilaian

Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·   Tes lisan



·   Tes
   tertulis

·    Merespon
        ungkapan
     lisan


·   Melengkapi Percakapan

  Listen to the expressions and give your   response.
·         A : Good morning.
B :  .......................

Complete the following dialogues!
1. Sanusi : Good morning, Laila.
    Laila     : __________________, Sanusi.
2. Andi        : How are you Angelina?
    Angelina : _________________, thanks.
3. Elizabeth : ___________________, Fery.
    Fery          : Good evening, Elizabeth.
 

No
Kriteria Penilaian
Skor
1
Respon benar, lafal sesuai
3
Respon benar, lafal kurang sesuai
2
Respon tidak sesuai
1
2
menjawab 5 soal dengan tepat
5
menjawab 4 soal dengan tepat
4
menjawab 3 soal dengan tepat
3
menjawab 2 soal dengan tepat
2
menjawab 1 soal dengan tepat
1

Skor maksimal no. 1 = 3
Skor maksimal no. 2 = 5
Jml. Skor Maksimal   = 8
 

Jumlah skor yang diperolah
Nilai Akhir =                                                    x 100
           8


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

No. RPP                       : 02
Sekolah                        : SMP Negeri 3 Cikalongkulon
Kelas/Semester           : VII (tujuh) / 1
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit

STANDAR KOMPETENSI
3.    Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

KOMPETENSI DASAR
3.1  Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : orang menyapa   yang belum dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang.

INDIKATOR
a.        Menggunakan kalimat-kalimat ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal.
b.        Membuat percakapan yang berisi ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal.
c.         Melakukan percakapan yang berisi ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal.

A.     Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati dan memahami isi teks percakapan ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal, siswa mampu :
1.      Menggunakan kalimat-kalimat ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal sesuai dengan konteks dengan tepat.
2.      Membuat sebuah percakapan menyapa seorang guru di sekolah pada pagi hari dengan benar.
3.      Melakukan percakapan menyapa seorang guru di sekolah pada pagi hari dengan teman sebangku di depan kelas, dengan lafal dan intonasi yang tepat.

B.      Materi Pembelajaran
Kalimat-kalimat ungkapan menyapa orang yang belum/sedah dikenal.
Greetings                                                        Responses
Hi.                                                                    Hi.
Hello.                                                               Hello.
Good morning.                                                Good morning.
Good afternoon.                                              Good afternoon.
Good evening.                                                 Good evening.
Good night.                                                      Good night.
How are you?                                                  Fine, thanks
Nice to meet you.                                            Nice to meet you too.
How are you today?                                        I am fine, thank’s
  
C.      Metode Pembelajaran


D.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
a.      Pengkondisian kelas
b.      Informasi materi dan tujuan pembelajaran
c.       Apersepsi : Mengucapkan kalimat-klaimat ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal.
2.      Kegiatan Inti
a.      Siswa mengamati dan menerjemahkan  teks percakapan yang berisi ungkapan menyapa orang yang belum/sudah dikenal.
b.      Secara bergantian siswa menceritakan kembali teks percakapan yang telah diterjemahkan sesuai dengan pemahamannya masing-masing.
c.       Siswa dan guru melakukan tanya jawab berkaitan dengan teks percakapan.
d.      Siswa berdiskusi dengan teman sebangkunya untuk membuat sebuah percakapan menyapa guru bahasa Inggris di sekolah pada pagi hari.
e.      Siswa berbagi peran dan berlatih melakukan percakapan yang telah dibuat sebelumnya.
f.        Siswa dengan teman sebangkunya melakukan percakapan di depan kelas.
3.      Kegiatan Akhir
a.      Siswa dan guru melakukan refleksi.
b.      Guru menyimpulkan materi dan pengayaan dengan memberikan tugas (PR) membuat percakapan menyapa orang yang baru dikenal di jalan pada sore hari.

E.      Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Buku teks Bahasa Inggris “Scaffolding English for Junior High School Students”
2.      Teks Percakapan
3.      Kamus Bahasa Inggris - Bahasa Indonesia

F.       Penilaian

Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·    Tes tulis



·    Tes lisan

·    Uji petik kerja


·   Performance

 Buatlah sebuah teks dialog yang berisi menyapa guru Bahasa Inggris pada pagi hari di sekolah. Diskusikan dengan teman sebangku kalian!

Tampilkan teks percakapan yang kalian buat di depan kelas!
 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar